Tips Menulis

7 Langkah Jitu Penulis Pemula yang Ingin Memulai Karier Menulis

Menjadi penulis yang sukses perlu disiasati dengan berbagai persiapan dan upaya. Bagi Anda yang adalah pemula dan ingin meniti karier di dunia kepenulisan, simak tujuh langkah di bawah untuk meningkatkan dan mewujudkan mimpimu sebagai penulis:

  1. Perbanyak Membaca

Langkah pertama ini mungkin sudah sering Anda dengarkan, tetapi percayalah untuk menjadi seorang penulis yang sukses, banyak membaca sangat diperlukan. Selain menambah wawasan, membaca banyak buku juga dapat memberi pandangan kita terhadap ragam gaya menulis yang diterapkan masing-masing penulis.

  1. Jadikan Menulis sebagai Rutinitas

Sebagai pemula, perlu untuk membiasakan diri dan menjadikan kegiatan menulis sebagai kegiatan rutin setiap harinya. Tidak perlu menulis sesuatu yang berat, tulisan pendek di waktu yang singkat juga sangat membantu dalam membangun rutinitas menulis.

  1. Lakukan Journaling

Membuat jurnal atau journaling mengenai berisi pengamatan benda atau lingkungan sekitar yang dapat digunakan untuk memunculkan ide dalam menulis. Dengan melakukan journaling, Anda juga bisa menemukan informasi-informasi baru yang mungkin akan diperlukan saat kamu menulis.

  1. Mencoba Menulis Ragam Jenis Tulisan

Untuk menemukan jenis tulisan yang cocok dengan karakter Anda, coba buatlah tulisan yang bervariasi dan tidak terpaku dengan satu jenis tulisan saja. Misalnya, hari ini anda menulis genre fiksi romansa, di kesempatan berikutnya Anda bisa mencoba jenis fiksi lainnya atau mencoba menulis genre non-fiksi.

  1. Mencari Teman Sesama Penulis atau Bergabung di Komunitas Penulis

Memiliki teman dengan minat dan tujuan yang sama mungkin akan sangat membantu meningkatkan produktivitas kerja kita. Dengan bergabung di komunitas penulis, Anda dapat menjalin relasi sesama penulis dan saling bertukar cerita tentang dunia kepenulisan atau penerbitan. Anda bisa mendapatkan inspirasi dan pandangan baru dari penulis lain lewat tukar cerita atau tukar nasihat dengannya.

  1. Lakukan Riset Pasar atau Minat Pembaca

Selain melakukan riset terhadap topik yang ingin Anda bahas, Anda juga perlu melakukan riset pasar atau minat pembaca. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apa saja topik atau jenis buku yang dicari atau diminati kebanyakan orang. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam menentukan topik atau jenis tulisan seperti apa yang akan Anda tulis selanjutnya.

  1. Mengikuti Kelas Menulis

Bagi beberapa orang, kelas menulis mungkin terdengar tidak terlalu dibutuhkan. Namun, nyatanya kelas menulis memiliki banyak benefit khususnya bagi orang yang ingin menekuni bidang ini secara serius atau menjadi seorang penulis. Selain mendapatkan tips & trik menulis, Anda juga dapat mengonsultasikan hasil tulisan anda dari pemateri yang memang sudah expert di bidang menulis. Anda bisa mencari informasi mengenai kelas menulis ini dari akun-akun penulis ternama atau akun penerbit seperti @kolofonmedia.

Kolofon Media sebagai salah satu lini self publishing Buku Mojok Grup memiliki berbagai macam agenda seperti kelas menulis dan menulis buku bersama untuk menunjang kapasitas menulismu seperti kelas menulis di bawah ini:

Jangan lupa ikuti sosial media @kolofonmedia supaya tidak ketinggalan informasi kelas menulis lainnya!

Itulah 7 langkah jitu yang dapat Anda terapkan sebagai penulis pemula yang ingin memulai karier menulis Anda. Tetap konsisten dan semangat dalam menulis!

Penulis: Christinie Letania Pratami

Sumber:https://www.masterclass.com/articles/a-beginners-guide-to-writing#5wcJqgOhCgEucRquZrz7GX

Buku Self-Help dan Self-Improvement: Cara Ampuh Usir Anxiety dan Overthinking

Previous article

Buku yang wajib kamu baca sebelum kuliah di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.