logo blog buku mojok

Tips Menulis: Kesalahan ini Bikin Tulisanmu Nggak Selesai-selesai

Sebagai penulis, kamu pernah nggak merasa kesulitan menyelesaikan karya tulismu? Entah itu novel, artikel, atau skripsi, menulis kadang seperti perjuangan yang tak berujung.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penulis sulit menyelesaikan karyanya.

1. Buru-Buru Mengeksekusi Ide yang Belum Matang

Kebanyakan penulis buru-buru mengeksekusi ide yang baru muncul, padahal, ide yang belum matang akan menyulitkan proses penulisan.

Tips:

  • Kembangkan ide secara detail: Sebelum mulai menulis, luangkan waktu untuk mengembangkan idemu. Buatlah outline atau peta pikiran untuk mengorganisasikan ide di pikiranmu.
  • Lakukan riset: Jika diperlukan, lakukan riset yang mendalam untuk mendukung ide yang kamu punya. Semakin banyak informasi yang kamu punya, semakin mudah kamu membangun cerita dengan landasan yang kuat.
  • Jangan terburu-buru: Menulis adalah proses. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memoles ide sebelum mulai menulis.

2. Menyunting Naskah Saat Draf Belum Selesai

Kebiasaan menyunting tulisan saat dikerjakan adalah kesalahan banyak penulis pemula.

Tips:

  • Fokus pada penyelesaian draft: Prioritaskan untuk menyelesaikan draft pertamamu. Jangan terlalu memikirkan kesalahan tata bahasa atau pemilihan kata saat baru mulai menulis.
  • Pisahkan proses menulis dan menyunting: Setelah draft pertama selesai, baru kamu bisa fokus memperbaikinya. Namun jika kamu penilaianmu tidak objektif, kamu bisa mencari editor untuk menyuntingnya.

3. Menunggu Mood Menulis!

Banyak penulis merasa mereka hanya bisa menulis ketika sedang dalam mood yang tepat, padahal mood itu bisa diciptakan! Jika hanya menunggu mood, kemungkinan besar tulisanmu akan lama selesai atau bahkan tidak pernah selesai.

Tips:

  • Buat jadwal menulis: Tetapkan jadwal menulis yang rutin. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menulis secara teratur.
  • Buat lingkungan kerja yang kondusif: Sediakan ruang kerja yang nyaman dan bebas dari gangguan. Jauhkan diri dari gadget yang sering bikin konsentrasimu pudar.
  • Gunakan teknik pomodoro: Teknik pomodoro bisa membantumu meningkatkan produktivitas. Caranya adalah dengan menulis selama 25 menit dan 5 menit istirahat.

Tips Tambahan untuk Penulis

  • Cari komunitas menulis: Bergabung komunitas menulis bisa memberimu dukungan dan motivasi. Kamu bisa gabung grub Menulis Bahagia buat dapetin dukungan menulis.
  • Ikuti sosial Media Kolofon: Kolofon sering membagikan tips-tips menulis buat kamu. Kamu bisa dapat ilmu kepenulisan bermanfaat dan terhubung ke banyak penulis di sini.
  • Rayakan pencapaian kecil: Beri reward tiap kali menyelesaikan tulisan. Kamu juga bisa merayakannya dengan menerbitkan buku yang kamu tulis di Kolofon. Kolofon punya banyak penawaran yang menarik untukmu!

Artikel Lainnya