logo blog buku mojok

Mendobrak Stigma Buruk Menstruasi Lewat Buku ‘Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu’

EA Books kembali menerbitkan buku gender bertajuk Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu. Topik yang dibawakan buku ini sangat menarik dan masih jarang diperbincangkan. Persoalan menstruasi biasanya dianggap hal tabu yang tak pantas untuk dijadikan topik obrolan.Hal ini membuat banyak orang khususnya perempuan memiliki informasi dangkal tentang menstruasi walau mereka mengalami hal tersebut. Menstruasi bukan hal tabu yang harus disembunyikan. Banyak hal  mengenai menstruasi yang harus diketahui masyarakat, sekalipun ia seorang laki-laki.

Stigma buruk menstruasi yang berkembang di masyarakat adalah penyebab banyak orang takut untuk lantang tentang menstruasi. Buku Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu karya Dhianita Kusuma Pertiwi ini mengungkapkan edukasi dan panduan tentang menstruasi yang seharusnya diketahui masyarakat umum tanpa rasa malu.

Beli di sini

Ulasan Buku Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu 

Buku Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu karya Dhianita Kusuma Pertiwi ini merupakan salah satu buku gender yang memberikan banyak sekali informasi dan pandangan baru bagi saya. Walaupun sudah bertahun-tahun mengalami menstruasi, edukasi yang saya dapatkan dari lingkungan sekitar sangatlah kurang. Seperti yang disinggung dalam buku ini, persoalan menstruasi selalu dianggap hal memalukan, kotor, dan tabu di masyarakat. Pembahasan tentang menstruasi yang seharusnya dijelaskan di sekolah seperti halnya reproduksi, malah sering luput bahkan tak pernah dibicarakan. 

Berkat buku ini saya tahu fakta, istilah, produk, dan gerakan-gerakan aktivisme yang berkaitan dengan menstruasi. Banyak stigma dan persepsi tentang menstruasi yang juga baru saya tahu dari buku ini. Contohnya di masyarakat Jawa, perempuan yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan untuk ikut memasak dalam acara  selamatan karena dianggap “kotor”. Hal seperti inilah yang membuat banyak perempuan malu dan takut ketika sedang menstruasi. Padahal hal itu sangat wajar terjadi dan bukanlah aib yang harus disembunyikan.

Patahkan Stigma tentang Menstruasi!

Buku Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu ini siap merangkul teman-teman perempuan agar  tak perlu malu lagi jika ingin membicarakan tentang menstruasi. Edukasi tentang pentingnya pemilihan produk menstruasi yang pas dan ramah lingungan juga cukup rinci dijelaskan pada buku ini. 

Di samping itu, buku ini juga tidak hanya diperuntukkan sebagai edukasi bagi teman-teman perempuan. Banyak informasi bahkan panduan yang ditujukkan kepada para laki-laki agar saling mengerti dan memahami perempuan yang sedang menstruasi. Ada pula beberapa bahasan yang menyangkut kebijakan pemerintah serta gerakan-gerakan aktivisme yang bisa menambah wawasan masyarakat luas tentang menstruasi. 

Hadirnya buku Tak Perlu Malu dengan Menstruasimu ini harapannya bisa mengajak masyarakat luas, tak peduli apa gender dan statusnya, untuk menormalisasikan obrolan mengenai menstruasi dan mematahkan segala macam stigma buruk yang menyangkutnya. 

Jika kamu tertarik dan ingin ikut serta memecah senyap isu menstruasi, kamu bisa mendapatkan bukunya di sini.

 

Dituliskan oleh:

Christini Letania Pratami

Artikel Lainnya