logo blog buku mojok

Panduan Pernikahan Ala Agus Mulyadi, Kaum Suami Wajib Baca!

Agus Mulyadi hadir berbagi rangkaian panduan pernikahan untuk kamu yang sedang, akan, atau suatu saat menjalani kehidupan rumah tangga pasca pernikahan. Lewat buku barunya yang berjudul Sirkus Pernikahan, Agus membagikan pengalaman dan nasihatnya tentang dunia pernikahan. Panduan pernikahan yang diberikan Agus Mulyadi ini dituliskan dalam bentukĀ  tulisan esai dan selipan special part berisi nasihat. Rata-rata nasihat ia peruntukkan bagi para suami. Nasihat ini merupakan hasil pengalaman empiris Agus selama menjadi suami Kalis di empat tahun belakangan ini.

Mengupas Panduan Pernikahan Ala Agus Mulyadi

Selama empat tahun berumah tangga, Agus telah merangkum apa saja hal yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan ketika menjadi suami. Berdasarkan nasihat yang ia tuangkan dalam buku barunya, berikut 5 nasihat singkat yang bisa menjadi panduan dalam menjalani pernikahan.

  1. Perbedaan Prinsipil dan Penerimaan

Seperti yang disampaikan Agus dalam bukunya, orang yang memiliki banyak kesamaan saja kadang bisa berselisih paham apalagi jika berbeda sama sekali.

Ketika menikah dan hidup bersama, kita harus saling mengerti dan menerima. Pasti ada saat di mana paham dan prinsip kita berbeda dengan pasangan. Tapi itulah konsekuensi yang harus kita tanggung atas imbalan kebahagiaan yang sudah kita dapat selama menikah.

  1. Capailah Kesuksesan Demi Terpenuhinya Segala Kebutuhan

Di zaman yang serba mahal ini, uang memang segalanya. Jika ada yang menyebut hidup bukan hanya tentang materi, mungkin ia tidak pernah merasakan bagaimana sulitnya hidup saat kekurangan materi. Dengan memiliki uang yang cukup, Anda bisa mendapatkan apa pun yang pasangan inginkan dan segala kebutuhan rumah tangga terpenuhi.

Seperti yang dikatakan Agus dalam buku Sirkus Pernikahan bahwa persoalan uang tidak selalu berkaitan dengan matre. Nyatanya, memang begitu realitas di medan asmara dan keseharian kita. Carilah uang yang banyak, setidaknya persoalan ekonomi tidak akan mengganggu hubungan Anda.

  1. Persoalan Jodoh

Anda pasti pernah mendengar istilah “Kalau memang jodoh, pasti nanti bisa bersatu.” Agus setuju dengan istilah tersebut. Agus memutuskan menikahi Kalis karena ia yakin Kalis memang jodohnya. Banyak hal yang sebenarnya berpotensi menghalangi hubungan Agus dan Kalis. Tetapi nyatanya, Tuhan Maha Penolong dan semua hal berhasil Agus lewati hingga akhirnya menikah dengan Kalis.

Oleh karena itu, tanamkan keyakinan dalam diri Anda karena jika memang jodoh, maka semuanya akan bisa dilewati.

  1. Pentingnya Mengukur Keinginan sesuai Kemampuan

Dalam hal pernikahan, penting bagi kita untuk mengelola uang sesuai kebutuhan dan kemampuan kita. Beberapa orang mungkin sering bingung dan pusing memikirkan target biaya untuk sebuah resepsi pernikahan agar terlihat berkesan. Bagi mereka yang rezekinya melimpah, mungkin tidak ambil pusing soal ini.

Akan tetapi bagi kaum pas-pasan, biaya pernikahan merupakan hal yang sangat memusingkan.

Dalam bukunya, Agus menekankan seberapa penting mengukur keinginan sesuai kemampuan. Pada saat itu budget yang dimiliki Agus bisa dibilang pas-pasan sehingga ia dan Kalis mengadakan resepsi pernikahan sesuai budget yang ada saja daripada harus menuruti gengsi dan ujung-ujungnya malah kredit atau pinjol.

Jika ditanya apakah resepsinya tetap berkesan? Agus akan menjawab resepsi itu sangatlah berkesan. Ketika kamu punya uang terbatas, menikahlah dengan sederhana. Akan tetapi jika uangmu mencukupi, buatlah pernikahan itu sedikit lebih meriah. Ingat, berapa pun uang yang punya, itulah batas kalian.

  1. Menjadikan Pernikahan sebagai Fase Hidup Biasa dan Memaklumi Rintangan Pernikahan

Dalam buku Sirkus Pernikahan, Agus juga menyinggung pendapat kebanyakan orang yang menyes karena merasa pernikahan ternyata jauh dari apa yang mereka bayangkan. Menurut Agus, hal yang harus kita tanamkan saat menikah adalah menempatkan pernikahan sebagai fase hidup yang biasa saja. Semuanya akan berjalan seperti biasanya, pembedanya hanyalah kini ada pasangan yang menemani.

Kebahagian pernikahan akan datang sepaket dengan segala macam kepayahan dan kerepotannya. Kita harus bisa memahami bahwa hal tersebut memang pasti akan kita hadapi sebagai pengisi lika-liku kehidupan rumah tangga.

Beli di sini

Itulah sebagian nasihat dan panduan pernikahan ala Agus Mulyadi yang ia tuangkan dalam buku Sirkus Pernikahan. Masih banyak nasihat dan panduan yang belum disebutkan. Anda bisa langsung menemukan panduan serta nasihat tersebut dengan membaca langsung bukunya yang bisa Anda pesan di sini.

 

Ditulis oleh: Christini Letania Pratami

Artikel Lainnya