Tips Menulis

Reading Slump? Jangan Panik, Ini Cara Biar Kamu Balik Semangat Baca Lagi!

Kok Males Baca, Ya? Apa Itu Reading Slump, Sih?
Pernah nggak sih kamu ngerasa bosen banget buka buku, padahal biasanya kamu hobi banget baca? Nah, kalau iya, kamu lagi kena yang namanya reading slump. Gampangnya, reading slump itu kayak fase di mana kamu lagi nggak semangat dan nggak mood baca buku.

Biasanya sih, reading slump ini muncul gara-gara beberapa hal, kayak lagi capek, stres, kebanyakan baca buku yang modelnya itu-itu aja, atau malah kamu maksain diri buat baca padahal lagi nggak pengen. Tapi tenang aja, reading slump ini nggak bakalan selamanya kok!

Cara Jitu Usir Reading Slump
Nih, ada beberapa tips jitu biar kamu bisa semangat baca buku lagi:

  1. Istirahatlah Dulu dari Baca Buku
    Kalau kamu lagi bosen banget, coba deh berhenti baca buku sebentar. Lakukan aja hal lain yang kamu suka, biar pikiran kamu fresh lagi dan siap buat baca buku lagi.
  2. Coba Deh Mulai Baca Buku yang Beda Genre
    Kadang, baca buku yang itu-itu aja bikin kita bosen. Coba deh baca buku dengan genre yang beda, siapa tahu kamu malah nemu genre baru yang kamu suka!
  3. Mulai Baca Buku yang Ringan-ringan Aja
    Kalau lagi nggak mood baca buku yang berat, baca aja buku yang ringan dan menghibur. Yang penting, kamu bisa nikmatin baca buku lagi tanpa merasa terbebani.
  4. Ikutan Komunitas Pecinta Buku
    Gabung sama komunitas pecinta buku bisa bikin kamu makin semangat baca, lho! Kamu bisa ngobrolin buku yang lagi kamu baca, dapetin rekomendasi buku baru, atau bahkan dapet temen baru yang punya hobi yang sama.
  5. Jangan Dipaksa Kalau Nggak Mau Baca
    Kalau kamu lagi nggak pengen baca, ya udah nggak usah dipaksa. Baca buku itu harusnya bikin kamu senang, bukan jadi beban.
  6. Bikin Suasana Baca yang Enak
    Cari tempat baca yang bikin kamu nyaman dan betah. Bisa di kamar, di taman, atau di kafe favorit kamu. Jangan lupa siapin cemilan dan minuman biar makin asik!
  7. Baca Buku yang Udah Lama Kamu Incar
    Coba deh ambil buku yang udah lama kamu pengen baca dari rak buku. Siapa tahu, buku itu bisa bikin kamu semangat baca lagi.

Intinya, Reading Slump Itu Wajar Kok!

Reading slump itu hal yang biasa banget dialami sama semua orang yang suka baca buku. Nggak usah khawatir, ya! Coba aja tips-tips di atas, pasti kamu bisa balik semangat baca buku lagi.
Semoga tips ini membantu kamu ya! Selamat membaca!

Memahami dan Mengatasi Duka Kehilangan Orang Tua

Previous article

Kenalan Sama Buku-Buku yang Bisa Bikin Kamu Lebih Paham Diri Sendiri! Bacaan Wajib Buat Hidup Lebih Bahagia

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.